Samarinda & Balikpapan

Halaman ini merupakan tempat saya me-review tempat-tempat yang saya datangi di seputaran Samarinda dan Balikpapan. Saya pindah ke Kota Samarinda sejak Agustus 2015 bersama suami dan memulai kehidupan berdua di kota ini, jauh dari keluarga. Ibaratnya Samarinda itu Jakarta (yang mana untuk menyukai tinggal di kota ini perlu usaha yang ekstra ditambah dukungan beberapa faktor *terutama makanan*), Balikpapan ibaratnya Bandung di mana lebih banyak tempat makan enak dan objek wisata yang bisa dikunjungi. So, I hope this page would help you to see those cities (and around), through my eyes. 

Menikmati Kelapa Muda di Pantai Lamaru Balikpapan

Libur Natal 2015, saya yang baru empat bulan tinggal di Samarinda (sebagai nyonya rumah tangga) sudah cukup bosan karena di Samarinda tak banyak tempat yang bisa dikunjungi untuk refreshing. Dalam kondisi hamil lima minggu, saya diajak suami untuk jalan-jalan ke salah satu objek wisata pantai di Balikpapan. Namanya Pantai Lamaru.

More story

 

Sepoi Angin Malam di Pantai Kemala Balikpapan

Masih dalam rangka Libur Natal 2015, setelah siang hari saya dan suami mengunjungi objek wisata pantai di Balikpapan yakni Pantai Lamaru, malamnya kami memutuskan untuk mengunjungi objek wisata pantai di Balikpapan lainnya, yang lebih dekat ke pusat kota, yaitu Panati Kemala. Berada di Jl. Jenderal Sudirman, di mana terdapat banyak hotel dan perkantoran, masuk ke wilayah Pantai Kemala juga terdapat banyak tempat makan yang bisa dicoba.

More story

 

Semalam di Hotel Sagita Balikpapan

Masih dalam rangka mengisi Liburan Natal 2015, saya dan suami mendatangi beberapa tempat dan menginap semalam di Hotel Sagita Balikpapan. Mengingat okupansi yang cukup padat di waktu libur, hotel-hotel sudah banyak yang dibooking dan harganya pun melambung tinggi.

More story

 

Makan Siang di Warung Ikan Bakar Pelangi Balikpapan

Karena kotanya dekat dengan laut, ga salah kalau Balikpapan punya kuliner andalannya seafood. Pertama kali diajakin makan siang di warung Ikan Bakar Pelangi Balikpapansaya sih ngikut aja. Suami pernah makan di sini sebelumnya, karena katanya enak, dia pun kemudian mengajak saya.

More story

 

Serba Iga di Iga Bakar Mas Giri Balikpapan

Di Samarinda, menu iga bakar agak sulit ditemukan. Terutama karena saya pendatang dan baru beberapa bulan tinggal di sini, jadi belum tau di mana tempat yang enak. Karena kebetulan sedang singgah di Balikpapan, maka kami pun penasaran mencoba menu serba iga di Iga Bakar Mas Giri Balikpapan. 

More story

 

Mengunjungi Enclosure Beruang Madu Balikpapan

Jalan-jalan ke Balikpapan, yang menjadi andalan selain pantai-pantainya, adalah juga wisata alamnya. Salah satu yang membuat saya penasaran adalah Bukit Bengkirai dan Taman Wisata Beruang Madu. Kapan lagi bisa ketemu Winnie The Pooh versi aslinya kan?

More story

 

Sop Buntut Enak di Depot Anggrek Samarinda

Dalam keadaan hamil muda dan agak sulit makan makanan yang berbau tajam, suami menawarkan saya untuk makan sop buntut. Mengingat waktu itu kami baru menempuh perjalanan pulang dari Balikpapan, dalam kondisi badan yang terpapar AC sepanjang perjalanan, saya pun mengiyakan.

More story

 

Bebek Paling Enak di Samarinda : Bebek Goreng Pak Janggut

Olahan daging bebek, terutama bebek goreng dan bebek bakar adalah salah satu menu makanan favorit saya (dan suami). Jadi, ke manapun pindah domisili, pastilah saya akan mencari menu ini untuk dicicipi.

More story

 

Icip-icip Kuliner Seafood di Pondok Borneo

Waktu pertama kali pindah ke Samarinda dan searching kuliner seafood, salah satu yang muncul adalah kuliner seafood Pondok Borneo. Bisa dibilang, restoran ini adalah pionir di Samarinda. Bahkan, situs Tripadvisor menobatkannya sebagai #1 restaurant in Samarinda. 

More story

 

Bubur Ayam Cianjur VS Bubur Ayam Samarinda

Di saat mulut malas mengunyah nasi, mie dan bubur bisa jadi pilihan. Saya cukup jeli melihat tempat-tempat makan setiap kali diajak suami jalan-jalan. Waktu itu, bangunan hijau bertuliskan Bubur Ayam Budi Banten menarik perhatian saya. Karena badan sedang dirasa kurang fit, maka saya titip suami untuk dibelikan bubur.

More story

 

RM Ayam Goreng Banjar Samarinda : Icip Cita Rasa Legendaris

Siapa sih yang tak suka ayam goreng? Dari anak kecil sampai orang tua pasti suka. Di mana-mana, restoran ayam goreng yang legendaris pasti disukai pelanggan. Di Samarinda, ada satu tempat makan ayam goreng yang bisa dikatakan favorit warga Samarinda. Namanya RM Ayam Goreng Banjar. 

More story

 

Jalan-jalan Sore ke Kota Tenggarong

Setengah empat lewat, kami sudah sampai di Tenggarong dan berputar-putar sekitaran kota, kantor pemerintahan, dan taman. Secara keseluruhan, tata kota di Tenggarong lebih rapi daripada Samarinda. Well, kalo dibandingkan dari segi luas kota sih Samarinda jauh lebih luas. Kalau dilihat-lihat, Kota Tenggarong mirip sama kota-kota kecil di Pulau Jawa. Meski kecil, tapi tetap rapi dan bersih.

More story