Memasak Pizza Mini untuk Para Bocil

Kembali dengan nde dan Cosmoven CO 980…

Akhir tahun 2013 – Awal 2014 adalah waktu yang menyenangkan buat saya, karena di saat libur sekolah, adik saya yang sekolah pesantren di Ciamis dan ponakan-ponakan bisa datang ke rumah dengan lengkap. Alhasil rumah jadi ruameeee banget. Seru, walau kadang ribet juga karena ribut. Yang namanya anak kecil, ada aja konfliknya, gontok-gontokan waktu lagi main. Namanya juga anak-anak, hehe..

Di waktu luang tersebut, saya menyempatkan waktu untuk belanja, berhubung kantor yang diapit oleh hypermart C*rref**r dan G**nt, jadi tempting banget buat belanja LOL. Sebagai calon kepala seksi memasak di rumah alias koki rumah, ada baiknya sering-sering belajar masak. Apalagi kalo di rumah udah punya alat memasak sendiri, sayang banget kalo nggak dipake.

Sejak beli oven sendiri, saya pun jadi lumayan sering pake, walaupun cuma buat bikin pasta-pastaan, atau manggang kentang keju biasa. Agak repot sih, soalnya yang dimasak cuma dikit, tapi seru ngacak-ngacak dapur hihi…

Nah kesempatan yang lalu, saya beli roti pizza ke C*rr*f**r dengan harga yang lumayan kece di kantong. 1 pack roti pizza dengan diameter kira-kira 15cm (*lupa) isi 3, harganya gak sampe Rp 10.000. Waaaw! Langsung deh tuh beli 3 pack, berhubung lagi banyak bocah-bocah di rumah (total ada 6) dan beberapa orang dewasa. Selanjutnya beli saus bolognaise D*l M*nt* yang udah jadi di botol kaca (saya prefer yang ini dibanding L* F*nt*), dan tomato puree, sosis, daging burger sama paprika merah dan hijau (sayang yang kuning lagi nggak ada stok).

Dengan wajah yang sumringah, sehari sebelum ultah saya, saya masak mini pizza buat ponakan-ponakan. Gampaaaaang banget dan seru. Ponakan saya yang umur 2 tahun malah pengen ikutan masak di dapur (so sweeet)^^

Bahannya seperti yang sudah disebutkan tadi :

– roti / kulit pizza (beli langsung lebih praktis, dasar pemalas haha)

– saus bolognes jadi,

– tomato puree (supaya rasa asamnya lebih berasa, tapi pake saus tomat juga bisa)

– Sosis diiris tipis

– daging burger (harusnya sih daging asap, tapi demi mengirit pakek daging burger diiris sangat tipis, mirip kok hehe)

– paprika diiris tipis juga

– Keju quickmelt Kraft (lagi-lagi pilihan ini didasari dengan alasan budget. pakek mozarella bisa juga), diparut yaaa

Cara masak :

Image

1. Oles saus bolognese dan tomato puree bersamaan di kulit pizza.

2. Taburi semua bahan. Susun sosis, daging burger yang diiris tipis, dan paprika. (kalo anak-anak nggak suka paprika, ya buat dua jenis aja : yang pake paprika dan yang nggak pake)Image3. Taburi dengan keju parut.

4. Panggang di oven 200 derajat C selama 10 menit dengan api atas-bawah. Hati-hati jangan kelamaan, selalu dicek supaya nggak gosong di satu bagian saja. Suhu 180 derajat masih oke bikin keju melted koq, nggak terlalu cepat gosong juga.

Image

Pizza Mini tanpa Paprika

Taraaaaaaaaaaaaaa!!! Jadi deh. Praktis dan mudah. Selamat mencoba! 😉

Image

Pizza Mini dengan Paprika

Serunya Masak Nasi Kebuli, Perkedel Kentang, Ayam Kari Jamur

Ini salah satu postingan dari belajar masak yang udah lama berlalu. Masih seru mengingat bagaimana repotnya memasak sendiri, tapi seru, dan yang paling seru adalah melihat wajah adik saya tersenyum bilang makanan ini enak.

Hampir setahun lalu, tepatnya Idul Adha 2012, orang tua dan keluarga kakak pergi ke rumah nenek. Dengan alasan harus sekolah, si adik yang mau lulus sekolah dasar pun terpaksa ditinggal bersama saya. Alhamdulillah karena Sabtu saya libur, dan Idul Adha pun jatuh di weekend, jadi saya punya waktu untuk ngejagain adik.

Jujur aja, keluraga kami jarang masak yang spesial di Hari Raya. Ketupat dan lauk di Idul Fitri terakhir pun dibuatkan orang lain, kita tinggal kasih uangnya aja. Bukan hal yang jadi favorit saya sih. Saya lebih suka memasak sendiri, demi melihat orang lain senang dan lahap menyantap makanan yang saya buat.

Image

Sehari sebelum Idul Adha, saya belanja dan malamnya saya menyiapkan semuanya. Menghaluskan bumbu nasi kebuli yang terdiri dari (hampir semua) rempah-rempah lengkap, agak menguras tenaga juga ya, maklum lah isinya banyak :

8 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 2 cm jahe, 2 sdt ketumbar, 1 sdt jinten, 2 sdt garam. Kemudian siapkan juga :

3 sdm mentega, 3 butir cengkeh, 2 butir kapulaga, 4cm kayu manis, 1/4 butir pala (dimemarkan), 2 btg serai (dimemarkan atau dipukul2), 500-600ml kaldu/air.  Tidak lupa, 500gr beras dicuci bersih.

Caranya: semua bumbu dihaluskan, lalu tumis dengan mentega. Masukkan semua rempah-rempah pelengkap. Setelah harum, masukkan kaldu/ air, baru masukkan beras yang sudah dicuci, masak hingga setengah matang. Setelah semua air teresap, angkat dan kukus beras sampai matang.

Kalo mau pake ayam langsung di dalam nasi kebuli, bisa dimasukkan sesaat setelah bumbu ditumis sampe harum, baru masukkan air / kaldu dan beras. Tapi berhubung ayamnya saya masak kari dengan jamur, maka nasi kebuli cukup dibuat seperti nasi uduk aja.

Nah, untuk membuat Ayam Kari Jamur, caranya gampang banget. Tinggal membeli bumb halus di pasar. Saya langsung minta ke penjualnya dibuatkan bumbu kari, dan ini bisa langsung dipake. Tumis bumbu dengan 2-3 sdm minyak goreng, trus masukkin ayam yang udah dipotong-potong, dan jamur yang udah diiris tipis (sesuai selera). Voila! Gampang banget kan… heheheh.

Kalo buat perkedel kentang sih, kayaknya udah tau layah gimana caranya. Bahannya:

3 butir kentang ukuran sedang (cuci bersih, kupas, potong2 ukuran sedang), 4 butir bawang merah, garam dan merica secukupnya, daun bawang dua helai, 1 butir telur dikocok lepas, dan minyak secukupnya untuk menggoreng.

Image

pakek sambel goreng kentang ati, lebih yummy lagi!

Goreng kentang sampe mateng. Saya memilih menggoreng kentang daripada direbus karena

prosesnya lebih cepat. Terlebih, kalo merebus kentang yang nggak dipotong2 itu waktu matengnya bisa lebih lama. Artinya, proses memasak jadi lebih lama juga. Sementara itu, haluskan 4 butir bawang merah dan garam. Garam ini membantu supaya menghaluskan

bawang lebih mudah. Trus masukkan kentang yang sudah digoreng matang (bukan digoreng kering ya temans..), sampe kentang benar2 halus, lalu masukkan merica dan daun bawang.

Bulat-bulatkan kentang tumbuk ini, kemudian celupkan ke dalam telur dan goreng hingga coklat keemasan.

Kemudian susun nasi kebuli yang sudah matang, taburi bawang goreng, dan sajikan bersama ayam kari jamur beserta perkedel kentang. Adik saya pun tersenyum senang setelah selesai Shalat Idul Adha dengan perut kenyang. *terharu*

Squid Scallop Spaghetti

3S : Squid Scallop Spaghetti

Honestly, I am looong time left the kitchen, didn’t cook much for myself these times. And last weekend I was made a simple dish for my lunchbox on Monday. I have no idea ’bout this one, I mean,  I actually was doubt to cook spaghetti other than with bolognese sauce or creamy sauce. Because I were always cook only that two kinds of spaghetti.

My plan was to cook seafood spaghetti, with scallop, squid and shrimp. But I change it because I need to buy another thing at the grocery. So this is the ingredients:

125 grams spaghetti

2 tbs coconut oil

2 tsp olive oil

2 cloves garlic, finely chopped

1 cayenne, finely chopped

50 grams squid

50 grams Scallop

1/2 tsp pepper

1/2 tsp dry oregano

1 tbs salt

1 tbs fresh basil

The steps of cooking was just like.. tring.. magic. So easy.

  1. Boiled the spaghetti with the coconut oil, drain it.
  2. Cook the olive oil with little fire, put the garlic, cayenne, squid, and scallop, ripe it.
  3. Put the spaghetti and all the rest of spices.
  4. Your spaghetti is so ready as your hunger comes LOL.