Bakmi Enak di Samarinda : Depot Mie Pangsit Jakarta

Sudah pindah jauh-jauh ke Samarinda, ujung-ujungnya nyari Bakmi Jakarta juga. Hahaa. Bukan tak sengaja. Dari awal hamil, saya selalu penasaran untuk menemukan mi ayam yang enak di Samarinda. Sudah coba di sana-sini, dari yang mi ayam kampung sampai yang modern, belum ada yang benar-benar cocok. Sampai akhirnya coba mi ayam di Depot Mie Pangsit Jakarta, di Jl. P. Sulawesi No.21, Samarinda.

Menawarkan Bakmi ala Jakarta (menurut judulnya), letaknya di Jalan Sulawesi, tapi adanya di Samarinda. Lucu juga sih. Seperti biasa, suami yang punya informan tentang segala hal di Samarinda, mengajak saya ke Depot Mie Pangsit Jakarta atas pemberitahuan sang teman.

IMG_3842

selesai makan pas di waktu depot tutup

Usut punya usut, Depot Mie Pangsit Jakarta ternyata merupakan salah satu tempat mi ayam legendaris di Samarinda. Menurut informasi dari banyak sumber, Depot Mie Pangsit Jakarta dirintis sejak tahun 70-an, dan saat ini usaha dijalankan oleh generasi ke-tiga mereka.

Tempatnya tidak begitu besar, tapi selalu ramai. Menyediakan beberapa set meja dan kursi, Depot Mie Pangsit Jakarta ternyata hanya buka sampai pukul 17.00 atau mirip dengan office hour. Di Samarinda, memang banyak toko dan tempat makan yang memberlakukan jam buka sama seperti orang kantoran.

Seporsi mi ayam di Depot Mie Pangsit Jakarta terdiri dari semangkuk mi telor dengan taburan ayam suwir, kuah kaldu berisi dua buah bakso yang disajikan terpisah. Kuah kaldu dan baksonya enak. Rasa mi-nya juga gurih. Sayangnya, mi yang disajikan tidak sesuai dengan gambar. Saya berharap mereka menyajikan mi pipih sesuai dengan foto di spanduk depan, tapi ternyata yang datang adalah mi telor. Meski begitu, bau khas terigu pada mi sudah hilang, karena mereka mencampur dengan minyak (bawang / ikan).

Di meja makan, Depot Mie Pangsit Jakarta menyajikan pelengkap acar timun dan acar cabe rawit hijau seperti depot-depot chinese food kebanyakan. Well, buat saya sih mi ayam cukup diracik dengan sambal rawit dan kecap aja. Kalau rasa aslinya sudah enak, nggak pakai racikan tambahan pun akan tetap terasa enak, terutama kuah kaldunya.

Seporsi mi ayam di Depot Mie Ayam Pangsit Jakarta dibanderol Rp 18.000 – Rp 26.000, tergantung isi tambahan yang ditawarkan. Sayangnya waktu saya makan di sana, pangsit keringnya habis, berhubung dekat dengan waktu tutup mereka. Harganya cukup reasonable jika dibandingkan dengan rasanya yang legendaris.

IMG_3836

harga menu di depot mie pangsit jakarta, samarinda

Tak berhenti di Depot Mie Pangsit Jakarta, pencarian mi ayam enak lainnya akan saya terus posting sampai dapat yang paling mendekati rasa yang sempurna. Oya, menurut saya, bakmi ayam yang paling enak datang dari jenis bakmi ayam bangka. So, kalau ada bakmi ayam bangka di Samarinda, pasti akan saya datangi.

Advertisements

3 thoughts on “Bakmi Enak di Samarinda : Depot Mie Pangsit Jakarta

  1. Di Medan banyak dong bakmi yang enak2..? Berhubung keluarga suamiku dari Medan, aku pernah makan mi rebus (apa mi kocok yahh?) Medan, enakkk 😛

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s